Layanan Tes Kepribadian

Skala Kepribadian Puspendik

Penilaian Kepribadian Puspendik bertujuan untuk mengungkap aspek-aspek non kognitif dengan memberikan gambaran tentang kepribadian seseorang. Tes ini menggunakan bentuk skala semantic differensial.

  • Manfaat
    1. Membantu mengidentifikasi karakter kepribadian seseorang sehingga dapat memiliki bidang Pendidikan dan bidang kerja yang tepat.
    2. Memberikan informasi dalam penempatan pegawai pada jabatan yang tepat.
  • Aspek yang diukur
    Aspek yang diukur berdasarkan karakteristik kepribadian yang dibutuhkan dalam dunia kerja seperti kepemimpinan, kemampuan adaptasi, berpikir inovatif, pengendalian emosi, integritas, tanggung jawab, dll.
  • Output
    Profil kepribadian.

 

 

Tes Penilaian Situasional

Tes Penilaian Situasional (TPS) adalah tes kepribadian yang dikembangkan menggunakan bentuk penilaian terhadap situasi (Situational Judgement). Tes ini berisi situasi-situasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan penilaian dan pengambilan keputusan berdasarkan apa yang mereka yakini, harapkan, atau kebiasaan yang dilakukan.

  • Manfaat
    Memberikan gambaran mengenai karakteristik kepribadian seseorang.
  • Aspek yang diukur
    Kepemimpinan, kemampuan adaptasi, berpikif inovatif, pengendalian emosi, integritas, tanggung jawab, dan lain-lain.
  • Output
    Profil kepribadian.

 

 

Tes Kematangan Emosi

Tes Kematangan Emosi adalah tes yang berfungsi untuk deteksi awal kondisi emosi siswa SD-SMP pada berbagai situasi akademik. Tes ini dilakukan melalui observasi oleh guru terhadap perilaku yang ditampilkan oleh siswa.

  • Manfaat
    1. Memberikan gambaran mengenai kondisi emosi siswa.
    2. Melakukan diagnosis terhadap permasalahan emosi pada siswa sehingga dapat memetakan siswa mana yang perlu mendapatkan pendampingan atau penanganan secara psikologis.
  • Aspek yang diukur
    – Emotional competence : kemampuan anak dalam memahami emosi diri, emosi orang lain, dan bagaimana mengekspresikan emosi.
    – Emotional autonomy : kemampuan anak dalam mengatur diri sendiri dan ketidak bergantungan terhadap orang lain.
    – Adaptability : kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dengan masa transisisekolah, identitas, dan sosial.
  • Output
    Profil kematangan emosi.

 

 

Gambaran Kesiapan Bersekolah

Gambaran Kesiapan Bersekolah adalah instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesiapan bersekolah seorang anak. Instrumen ini ditujukan untuk anak usia pra sekolah 6-7 tahun.

  • Manfaat
    1. Memberikan informasi tentang aspek perkembangan anak dari segi kognitif, bahasa, sosioemosi, serta fisik motorik yang mendukung kesiapan bersekolah.
    2. Mengidentifikasi gangguan perkembangan anak usia 6-7 tahun.
  • Aspek yang diukur
    1. Kognitif  : pengetahuan terhadap benda-benda disekitarnya, pengetahuan umum, serta pemecahan masalah.
    2. Sosioemosi  : kemampuan dalam berhubungan sosial, mengenali emosi, dan mengekspresikan emosi.
    3. Bahasa  : kemampuan dalam memahami informasi dan mengekspresikan bahasa.
    4. Fisik-motorik  : kemampuan melakukan gerakan dan mengintegrasikan panca indera.
  • Output
    Gambaran kesiapan bersekolah.

 

 

Infografis