E-Office

Reformasi birokrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan dengan mengacu pada rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2010- 2014 dan misi 5K Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai landasan perencanaan pelaksanaan program reformasi birokrasi. Di samping itu pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga harus dilandasi oleh prinsip efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi. Tiga strategi dasar yang akan menjadi arah pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah integrasi proses, berbagi sumber daya, dan mendapat sentuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hasil dari rekayasa proses, simplifikasi, integrasi prosedur dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang layanan persuratan adalah sebuah aplikasi berbasis web berupa aplikasi persuratan elektronik, yang dikenal dengan E-Office.

Aplikasi ini diharapkan dapat memangkas waktu pemrosesan sebuah surat dengan mengurangi alur kerja permrosesan dan memungkinkan pekerjaan pemrosesan sebuah surat, seperti pengiriman surat, memberi disposisi, melacak alur disposisi, memberikan laporan disposisi dan lain-lain, dilakukan di mana saja dan kapan saja selama terdapat koneksi internet.

E-SKP Kemendikbud

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai abdi negara mengemban tanggung jawab yang besar demi kelancaran pembangunan bangsa. Untuk menghasilkan pegawai yang profesional, jujur, adil dan bertanggung jawab seperti yang diamanatkan oleh undang-undang, diperlukan adanya pembinaan PNS.

Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang diatur dalam PP Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi kerja PNS dan secara efektif diimplementasikan pada 1 Januari 2014.

Sasaran Kerja Pegawai adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS dalam 1 (satu) tahun. Dalam penyusunan rencana kerja dan target harus memperhatikan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) dan rincian tugas jabatan masing-masing pegawai. Rencana Kerja Tahunan (RKT) merupakan penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam Renstra, dan akan dilaksanakan oleh satuan organisasi/kerja melalui berbagai kegiatan tahunan

Aplikasi elektronik Sasaran Kerja Pegawai (e-SKP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan pengembangan dari aplikasi e-SKP yang sudah dibuat oleh Biro Kepegawaian pada tahun 2015. Pada tahun 2016 aplikasi tersebut dikembangkan seiring dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Ketentuan Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengharuskan adanya capaian kerja bulanan sebagai salah satu dasar dalam pembayaran tunjangan kinerja. Aplikasi e-SKP meliputi proses penyusunan SKP Tahunan, capaian realisasi bulanan, pembuatan log harian, dan penilaian perilaku kerja dari masing-masing pegawai.

E-Kehadiran

Aplikasi elektronik Kehadiran di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dibuat oleh Biro Kepegawaian pada tahun 2018. Pada tahun 2019 aplikasi tersebut digunakan seluruhnya di Lingkungan kerja Pusat Penilaian Pendidikan, dimana pada tahun tersebut telah terintegrasi system Finger print yang berbasis online, dimana semua pegawai wajib fingerprint kehadiran kecuali ada halangan.

Berkas Ketidakhadiran

Bagi pegawai yang cuti dengan dengan berbagai alasan baik karena sakit atau lainnya, dapat melakukan upload berkas ketidakhadiran.

Gunakan akun anda