Profil Kepala Pusat

Prof. Dr. Sumadi Suryabrata,, M.A, Ed.S.

Prof. Dr. Sumadi Suryabrata, M.A, Ed.S

1982 - 1983

Lahir pada tanggal 26 Juli 1930 di Boyolali Jawa Tengah.

Beliau menempuh pendidikan sarjana di bidang Pedagogik Universitas Gadjah Mada dan pada tahun 1973, Profesor Sumadi memperoleh gelar Master of Arts (MA) dalam bidang Psikologi dari Ball State University, Muncie Indiana. mendapatkan gelar Eds di bidang Psikometri dari universitas yang sama. Gelar doctor di bidang Psikologi, Pengukuran dan Statistik diperoleh beliau di University of Iowa pada tahun 1976.

Prof Sumadi Suryabrata menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 12 Desember 2004. Bagi para akademisi Indonesia, Prof. Sumadi Suryabrata merupakan seorang pendidik, akademisi, dan peneliti yang sejati serta penulis buku yang sangat produktif.

Prof. Dr. Moegiadi, MA

1987 - 1990

Lahir di Makassar, 13 April 1937. Beliau pernah menjabat sebagai sekretaris Balitbang, Kemdikbud (1990  Direktur Eksekutif Pusat Kurikulum Nasional dan Fasilitas Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1985 – 1992), Deputi Direktur Southeast Asia Ministers of Education Secretariat (SEAMES), Bangkok (1981 – 1984).

Sekretaris dan Anggota BPPN (1989 – 1992).

Guru Besar dalam bidang Pendidikan di IKIP Bandung (UPI); dengan pengalaman mengajar di IKIP Jakarta (UNJ), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur UNESCO Regional Office Islamabad Pakistan.

Dr. R. Ibrahim

1982 - 1983

Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian selama 3 tahun.

Jahja Umar, Ph.D

1990 - 2002

Beliau adalah Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian paling lama, yaitu selama 12 tahun.

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Bahrul Hayat, Ph.D.

2002 - 2005

lahir di Tasikmalaya, 30 April 1959 (umur 60 tahun) adalah Kepala Pusat saat terjadinya perubahan nama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian menjadi Pusat Penilaian Pendidikan. Beliau pula yang merubah EBTANAS menjadi Ujian Nasional sampai sekarang pada tahun 2002

Beliau adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI periode 2006-2014.

Beliau menempuh S1 Fakultas Sastra di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,

S2 di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, dan

S3 Universitas Chicago, Amerika Serikat

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal periode 2015-2020.

Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA.

Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA.

2005 - 2009

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 4 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai pusat Penilitan Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.

Saat ini beliau mengabdi sebagai guru besar di Universitas Negeri Jakarta.

Dr. Nugaan Yulia Wardhani Siregar, M.Psi.

2009 - 2010

Menjabat sebagai kepala Puspendik cukup singkat hanya 1,5 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur PGTK PAUD dan Dikmas.

Saat ini beliau telah purna tugas dari Kemendikbud.

Dr. Ir. Hari Setiadi, MA.

2010 - 2013

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 3 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Bermutu.

 

Saat ini beliau mengajar sebagai dosesn di Universitas Prof.Dr. Hamka, Jakarta.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.d.

2013 - 2017

Beliau menjabat sebagai kepala pusat Puspendik selama 4 tahun.

Ir. : Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

M.Sc. : River, Estuary & Coastal Eng., Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris

Ph.D. : Civil Engineering Hydraulics, Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris

Saat ini beliau aktif sebagai Dekan di Fakultas Teknik, UGM.

Moch. Abduh, Ph.D

2017 - sekarang

Lahir di Sidoarjo tahun  1967. menamatkan SD sampai dengan SMA di Sidoarjo. Gelar sarjana diperoleh di ITS pada jurusan Matematika. Menamatkan S2 di State University of New York (SUNY), New York, USA, dan S3 di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Melbourne, Australia.

Sebelum di Puspendik, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sinkronisasi Kebijakan, Pusat Analisis dan sinkronisasi kebijakan. Selain itu, beliau juga pernah bekerja di Ditjen Dikdasmen.

Beliau merupakan sosok low profile yang sangat menghargai kerja keras anak buahnya, dan sangat konsern dalam mewujudkan zona integritas dan bebas korupsi.