Profil

Sebelum 1980

Sebelumnya, embrio dari pusat tersebut berada di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan (PUSLIT), tepatnya di Bidang Instrumen Penelitian dan Penilaian.

Kepala Bidang  : Sentot Soelistyo M.Ed.

September 1980

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian didirikan pada tanggal 11 September 1980 melalui SK Mendikbud No.0222f/O/1980 tanggal 11 September 1980.

Oktober 1980

Diangkatnya kepala pusat definitif pertama terhitung mulai 1 Oktober 1980. Kantor yang ditempati berada di Ciputat milik pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom Dikbud).

April 1984

Terjadi penggantian Kepala Pusat yang baru. Kantor yang ditempati pindah ke Jalan Darmawangsa X No.18 – 19 yang disewa selama empat tahun.

Januari 1989

Pada tanggal 2 Januari 1989, kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian pindah ke Gedung sendiri di Jl.Gunung Sahari  Raya Eks. Komplek Siliwangi, Jakarta Pusat sampai sekarang.

Januari 2002

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian mengalami perubahan nama menjadi Pusat Penilaian Pendidikan, dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud.

Profil Kepala Pusat

Prof. Dr. Conny R. Semiawan
1980

Lahir di Ngawi, Jawa Timur, 6 November 1930; umur 88 tahun) adalah tokoh pendidikan Indonesia yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta dan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sekaligus sebagai Plt Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian pada tahun 1980.

Pada tahun 2015, ia menerima penghargaan UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi.

Prof. Dr. Sumadi Suryabrata,, M.A, Ed.S. Prof. Dr. Sumadi Suryabrata, M.A, Ed.S.
1982 – 1983

Lahir pada tanggal 26 Juli 1930 di Boyolali Jawa Tengah. Beliau menempuh pendidikan sarjana di bidang Pedagogik Universitas Gadjah Mada dan pada tahun 1973, Profesor Sumadi memperoleh gelar Master of Arts (MA) dalam bidang Psikologi dari Ball State University, Muncie Indiana. mendapatkan gelar Eds di bidang Psikometri dari universitas yang sama. Gelar doctor di bidang Psikologi, Pengukuran dan Statistik diperoleh beliau di University of Iowa pada tahun 1976.

Prof. Sumadi Suryabrata menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 12 Desember 2004. Bagi para akademisi Indonesia, Prof. Sumadi Suryabrata merupakan seorang pendidik, akademisi, dan peneliti yang sejati serta penulis buku yang sangat produktif.

Dr. R. Ibrahim
1984 – 1987

Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian selama 3 tahun.

Prof. Dr. Moegiadi, MA.
1987 – 1990

Lahir di Makassar, 13 April 1937. Beliau pernah menjabat sebagai sekretaris Balitbang, Kemdikbud (1990  Direktur Eksekutif Pusat Kurikulum Nasional dan Fasilitas Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1985 – 1992), Deputi Direktur Southeast Asia Ministers of Education Secretariat (SEAMES), Bangkok (1981 – 1984), Sekretaris dan Anggota BPPN (1989 – 1992).

Guru Besar dalam bidang Pendidikan di IKIP Bandung (UPI); dengan pengalaman mengajar di IKIP Jakarta (UNJ), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur UNESCO Regional Office Islamabad Pakistan.

Jahja Umar, Ph.D.
1990 – 2002

Beliau adalah Menjabat sebagai kepala pusat penelitian dan pengembangan Sistem Pengujian paling lama, yaitu selama 12 tahun.

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Bahrul Hayat, Ph.D.
2002 – 2005

Lahir di Tasikmalaya, 30 April 1959 (umur 60 tahun) adalah Kepala Pusat saat terjadinya perubahan nama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian menjadi Pusat Penilaian Pendidikan. Beliau pula yang merubah EBTANAS menjadi Ujian Nasional sampai sekarang pada tahun 2002. Beliau adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI periode 2006-2014.

Beliau menempuh S1 Fakultas Sastra di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, S2 di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, dan S3 Universitas Chicago, Amerika Serikat.

Saat ini beliau aktif sebagai dosen Psikometri di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal periode 2015-2020.

Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA.

Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA.
2005 – 2009

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 4 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai pusat Penilitan Kebijakan dan Inovasi Pendidikan.

Saat ini beliau mengabdi sebagai guru besar di Universitas Negeri Jakarta.

Dr. Nugaan Yulia Wardhani Siregar, M.Psi.
2009 – 2010

Menjabat sebagai kepala Puspendik cukup singkat hanya 1,5 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur PGTK PAUD dan Dikmas.

Saat ini beliau telah purna tugas dari Kemendikbud.

Dr. Ir. Hari Setiadi, MA.
2010 – 2013

Menjabat sebagai kepala Puspendik selama 3 tahun, selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Bermutu.

Saat ini beliau mengajar sebagai dosesn di Universitas Prof.Dr. Hamka, Jakarta.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.d.
2013 – 2017

Beliau menjabat sebagai kepala pusat Puspendik selama 4 tahun.

Ir. : Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

M.Sc. : River, Estuary & Coastal Eng., Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris.

Ph.D. : Civil Engineering Hydraulics, Imperial College of Science & Technology, University of London, Inggris.

Saat ini beliau aktif sebagai Dekan di Fakultas Teknik, UGM.

Moch. Abduh, Ph.D.
2017 – Sekarang

Lahir diSidoarjo tahun  1967. Menamatkan SD sampai dengan SMA di Sidoarjo. Gelar sarjana diperoleh di ITS pada jurusan Matematika. Menamatkan S2 di State University of New York (SUNY), New York, USA, dan S3 di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Melbourne, Australia.

Sebelum di Puspendik, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sinkronisasi Kebijakan, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. Selain itu, beliau juga pernah bekerja di Ditjen Dikdasmen.

Beliau merupakan sosok low profile yang sangat menghargai kerja keras anak buahnya, dan sangat konsern dalam mewujudkan zona integritas dan bebas korupsi.

Struktur Organisasi

Visi dan Misi

Visi Puspendik

Menjadi Lembaga yang Profesional di Bidang Penilaian Pendidikan

Misi Puspendik

Mengembangkan dan menyelenggarakan sistem penilaian pendidikan dalam rangka pengawasan dan pengendali mutu pendidikan.

Mengembangkan instrumen, mekanisme, dan prosedur sistem penilaian yang berkualitas untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu (quality assessment for quality education).

Tujuan Puspendik

Terselenggarakannya Pengembagan Penilaian Dalam Mengukur Mutu Pendidikan dengan indikator Kinerja Penyediaan Informasi Hasil Penilaian Pendidikan.

Nilai Puspendik

Nilai-nilai di Pusat Penilaian Pendidikan merupakan arti tidak langsung dari “puspendik” itu sendiri. Dengan begitu, diharapkan akan terpatri pada setiap pegawai. Nilai-nilai tersebut adalah :

P = rima
U = tama
S = ukses
P = embelajar
E = ffektif
N = atural
D = edikasi
I = novatif
K = ekeluargaan

Unit Kerja

Bidang Penilaian Akademik, Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud

Kedudukan, Tugas, dan Fungsi

Berdasarkan Permendikbud No.9 tahun 2019, pasal 746,

Tugas Puspendik :
melaksanakan penyiapan bahan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan sistem penilaian dan bank soal, serta analisis dan pemanfaatan hasil penilaian.

Fungsi Puspendik
a) Penyiapan bahan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan sistem penilaian dan bank soal, serta analisis dan pemanfaatan hasil penilaian;
b) Inovasi sistem dan implementasi penilaian;
c) Pengembangan instrumen penilaian dan bank soal;
d) Pelaksanaan analisis dan pemanfaatan hasil penilaian pendidikan;
e) Koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan penilaian pendidikan;
f) Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan penilaian pendidikan; dan
g) Pelaksanaan administrasi pusat.

Tugas Bidang Inovasi Sistem Penilaian
melaksanakan penyiapan bahan dan pelaksanaan kebijakan teknis, koordinasi, pelaksanaan, fasilitasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan inovasi sistem dan implementasi penilaian.

Tugas Bidang Pengembangan Instrumen Penilaian dan Bank Soal
melaksanakan penyiapan bahan dan pelaksanaan kebijakan teknis, koordinasi, pelaksanan, fasilitasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pengembangan instrumen penilaian dan bank soal.

Tugas Bidang Analisis dan Pemanfaatan Hasil Penilaian
melaksanakan penyiapan bahan dan pelaksanaan kebijakan teknis, koordinasi, pelaksanaan, fasilitasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan analisis dan pemanfaatan hasil penilaian pendidikan.

Fungsi Bagian Tata Usaha adalah menyelenggarakan :

  1. Penyusunan rencana, program, kegiatan, dan anggaran penelitian dan pengembangan sistem penilaian dan bank soal, serta analisis dan pemanfaatan hasil penilaian;
  2. Pelaksanaan urusan persuratan dan kearsipan;
  3. Pelaksanaan urusan ketatalaksanaan;
  4. Pengelolaan kepegawaian dan keuangan;
  5. Pelaksanaan urusan kerumahtanggaan dan barang milik negara; dan
  6. Pelaksanaan penyusunan laporan Pusat.

Moto Puspendik

BERLIAN : Berprestasi – Peduli – Andal