Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu, salah satu kegunaan hasil UN adalah untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).
Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2018/2019 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Dalam implementasinya, pelaksanaan UN mengacu kepada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0047/P/BSNP/XI/2018, tanggal 28 November 2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.

DASAR HUKUM

  1. Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah
  2. SK BSNP tentang Kisi-kisi UN 2019
  3. POS UN 2019

Question and Answer Tentang UN 

Fungsi

Penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Penetapan POS

Ditetapkan BSNP

Kelulusan

Kelulusan ditentukan sepenuhnya oleh satuan pendidikan

Jenis Ujian Sekolah

Pada jenjang SD/MI, ada Ujian Sekolah (US) dan USBN. Pada jenjang SMP, SMA, SMK dan yang sederajat, hanya ada USBN

Mata Pelajaran

Seluruh mata pelajaran, termasuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional, kecuali SD 3 mapel

Bentuk Soal

Pilihan ganda dan uraian

ALUR PENYUSUNAN SOAL USBN KESETARAAN

(Peraturan BSNP No.0048/BSNP/XI/2018)

  • Naskah soal USBN dari Pusat sebanyak 20-25% diterima Forum Tutor/Pokja PPS melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Kantor Kemenag
  • Guru/Tutor menyusun 75 – 80% soal dan ditelaah dalam forum Tutor/Pokja PPS dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag Kab/Kota.
  • Perakitan soal (100%) dilaksanakan oleh Forum Tutor /Pokja PPS untuk menghasilkan sebanyak 2 paket soal (1 paket utama dan 1 paket susulan) dibawah koordinasi Dinas/Kantor Kemenag.
  • Dalam hal tidak ada Forum Tutor/Pokja PPS tingkat Kab/Kota, maka soal disusun oleh Forum Tutor/Pokja PPS tingkat Provinsi

PENGGANDAAN NASKAH USBN

  • Untuk SD/MI/SDTK dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
  • Untuk SMP/MTs/SMPTK dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (K-2006) atau Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti (K-2013) dikoordinir oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama.
  • Untuk SMA/MA/SMAK/SMTK dan SMK/MAK dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
  • Khusus untuk Pendidikan Kesetaraan, penggandaan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota

PEMERIKSAAN DAN PENGOLAHAN HASIL USBN

A. Soal Bentuk Pilihan Ganda

Soal USBN bentuk pilihan ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai.

B. Soal Bentuk Uraian

  • Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh dua orang guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.
  • Jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimum, pimpinan satuan pendidikan menugaskan pemeriksa ketiga.
  • Nilai akhir soal uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa.

C. Pengolahan Hasil USBN

  • Nilai USBN merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0 – 100.
  • Sekolah menentukan pembobotan nilai pilihan ganda dan uraian dengan perbandingan yang proporsional.

Anda dapat melihat hasil Ujian Nasional melalui alamat https://puspendik.kemdikbud.go.id